Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Produksi Sarang Burung Walet di Kaltara Tinggi

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sarang Burung Walet (SBW) putih atau dikenal emas putih harganya masih fantastis. Per kilogramnya saja harganya berkisar Rp 10 juta. Maka, masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) berlomba-lomba membangun rumah walet.

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Bandara Juwata Septifani Larentina melakukan pemeriksaan fisik terhadap 306 kilogram SBW tujuan Jakarta dan Batam. Selain itu, pengujian laboratorium juga dilakukan untuk mengetahui kandungan nitrit.

Ads Air Haji

“Total frekuensi hingga medio kuartal III/2020 mencapai 356 kali, sebanyak 19,2 ton. Nilai SBW tersebut yakni sekitar Rp 192,3 miliar. Pengiriman SBW dari Kaltara masih antar-area kemudian diekspor dari daerah lain. Ke depannya semoga bisa langsung ekspor dari Kaltara sehingga bisa meningkatkan nilai ekonominya,” katanya dalam keterangannya, Minggu (16/8).

Potensi ekspor SBW dari Kaltara sangatlah besar. Karantina Pertanian Tarakan terus menyosialisasikan standar untuk bangunan rumah walet dan persyaratan dari negara tujuan kepada pemilik sehingga bisa ekspor secara langsung. Jangan lupa untuk melaporkan baik itu rumah walet maupun komoditasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.