Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Program Korporasi Perkuat di Daerah 3T

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Propaktani) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) tidak menutup kemungkinan akan berdiri di kawasan Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Kepala Bagian Perencanaan, Kepala Bagian Perencanaan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan Ugi Sugiharto mengatakan, sepanjang terdapat lahan untuk melakukan olah tanam maka korporasi akan hadir di daerah tersebut.

“Untuk padi butuh sekitar 3.000 – 5.000 hektare, jagung 1.000 hektare, kedelai 500 hektare dalam satu kawasan,” katanya di Jakarta, Rabu (26/8).

Ads Air Haji

Sejauh ini, lanjut dia, terdapat 14 kabupaten di sejumlah provinsi korporasi telah dibentuk. Tahun ini, ditargetkan mencapai 130 kawasan korporasi.

Dia menjelaskan, korporasi adalah kelembagaan ekonomi petani berbadan hukum berbentuk koperasi atau badan hukum lain. Model korporasi, maka sebagai besar modal korporasi dimiliki langsung oleh petani.

Sementara Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih mengatakan, peran korporasi sangat penting bagi petani.

“Penyuluh pertanian harus didorong untuk bisa membangun koperasi,” ujar Henry. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.