Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Program YESS Kementan Tekan Angka Pengangguran di Cianjur

0 12

CIANJUR, KABARPANGAN.ID – Perekonomian di Kabupaten Cianjur sebagian besar ditopang oleh sektor ekonomi. Namun, di sisi lain di wilayah ini masih menghadapi permasalahan tingginya tingkat pengangguran terbuka. Oleh karena itu, melalui program YESS yang diinisiasi Kementerian Pertanian (Kementan) diharapkan dapat menekan pengangguran di Kota Santri ini.

Program YESS menjadi salah satu sinergi program Kementan dan IFAD yang dirancang untuk mengembangkan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaaan untuk menjadi wirausahawa muda dan tenaga kerja professional di bidang pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengungkapkan, petani milenial adalah penerus pembangunan pertanian di Indonesia, sehingga Keberhasilan pembangunan pertanian tergantung pada jumlah petani pengusaha milenial.

Ads Air Haji

Potensi pertanian di kabupaten Cianjur menjadi peluang tersendiri bagi generasi milenial, tak hanya itu jumlah generasi milienialnya pun cukup tinggi. Itulah salah satu alasan pemilihan Cianjur menjadi salah satu kabupaten yang menjadi sasaran program YESS.
“Cianjur ini terkenal sebagai gudangnya petani milenial. Saat ini telah lahir beberapa pelopor petani milenial yang telah menjadi enterpreneur sukses di sebut saja Sandi Okta Susila dan Agus Ali.

“Program YESS akan memberikan kesempatan kepada generasi milienial di pedesaan yang memiliki minat untuk terjun dan menggeluti sektor pertanian. Para petani milienial dapat mengajak rekan-rekannya di pedesaan untuk turut serta mengisi pembangunan pertanian dengan menjadi petani milenial atau wirausaha pertanian,” katanya di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (12/8).

Tak hanya itu, lanjut dia, program YESS akan bersinergi dengan berbagai pihak seperti BPP, LSM serta unit kerja Kementan lainnya untuk meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan serta pelatihan. Semakin banyak pemuda-pemudi yang menjadi petani milenial, maka pertanian di Cianjur akan jadi lebih maju.

Gayung bersambut, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Cianjur Mamad Nano mendukung penuh upaya peningkatan petani milenial khususnya di Kabupaten Cianjur.
“Bila kita telah mengenal Sandi Okta Susila dan Agus Ali sebagai pengusaha petani milenial yang sukses, melalui Kostrani dan YESS kita akan mencari bibit-bibit baru yang akan menjadi petani atau pengusaha tani milenial lainnya,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.