Portal Berita Online
Ads Beras Haji

PTPN Genjot Komoditas Sawit dan Gula

0 5

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – PT Perkebunan Nusantara tengah (PTPN) menggenjot produksi kelapa sawit hingga gula. Hal ini untuk mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mewujudkan kemandirian pangan nasional.

Untuk itu, PTPN akan mengurangi luas perkebunan karet dan teh. Diketahui, selama ini PTPN menggarap sawit, tebut, karet, teh, kopi dan kakao.

“Ke depan, PTPN akan fokus hanya dua komoditi utama, yaitu gula dan sawit. Sementara tanaman lainnya akan kami kurangi,” kata Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara, Muhammad Abdul Ghani, di Jakarta, pekan ini.

Dia menjelaskan, Perseroan akan memperluas tanam tebu dari sekitar 56 ribu hektar (ha) menjadi sekitar 80 ribu ha. Dengan begitu, diharapkan target akan tercapai.

Ads Air Haji

Selain itu, PTPN akan besinergi dengan Perum Perhutani untuk menggunakan lahan milik Perhutani seluas 70 ribu ha. Pengelolaan lahan tersebut juga akan melibatkan masyarakat sekitar.

Tak sampai di situ saja, perusahaan pelat merah ini juga akan menggandeng petani untuk menggarap lahan seluas 120 ribu hektar.

“Kami akan ajak petani tambah luasannya menjadi 150 ribu hektar,” pungkasnya.

Dengan langkah tersebut, maka diperkirakan produksi gula dapat meningkat sekitar 1,6 juta-1,7 juta ton. Adapun, rata-rata produktivitas tebu di Indonesia mencapai 70 ton per hektar. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.