Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pulihkan Ekonomi, Gubernur Edy Rahmayadi Genjot Sektor Pertanian

0 7

SUMUT, KABARPANGAN.ID – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi tengah berupaya melakukan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di daerahnya, salah satunya menggenjot sektor pertanian.

Alasan memfokuskan pada sektor pertanian, karena komoditas pertanian di Sumut mengalami surplus, seperti beras, cabai merah dan cabai rawit.

Kabupaten/kota di Provinsi Sumut beraneka ragam jenis komoditas yang diolah, seperti di Kabupaten Humbung Hasudutan melakukan budidaya tanaman bawang putih, bawang merah dan cabai merah.

Ads Air Haji

Kemudian di Kabupaten Deliserdang menanam padi dan peternakan, serta Kabupaten Karo, andalannya komoditas palawija dan sayuran.

Dia berharap, tidak terjadi impor produk pertanian. Untuk itu dibutuhkan sinergitas saling melengkapi antara daerah.

“Saya tidak terlalu berharap akan hal itu (impor). Peluangnya adalah antardaerah saling bertukar komoditi yang surplus,” ujarnya.

Di wilayahnya, ada 11 kabupaten yang diprioritaskan mengembangkan sektor pertanian seperti seperti Langkat, Deliserdang, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padanglawas Utara, Padanglawas, Tapanuli Selatan, Samosir, Mandailing Natal, dan Nias Selatan. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.