Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pulihkan Ekonomi, Kementan Jaga Produksi

0 14

JAKARTA, KABARPANGAN.ID -Sebagai penyangga pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Pertanian (Kementan) akan lebih fokus untuk menjaga produksi pangan.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan menyumbang 15,46 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) nasional pada kuartal II/2020. Angka itu naik dari posisi kuartal I/2020 yang hanya 12,84 persen maupun kuartal II/tahun 2019 yang sebesar 13,57 persen.

Ads Air Haji

Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementerian Pertanian Sudi Mardianto mengatakan, bertahannya sektor pertanian di masa Covid-19 karena bahan baku pertanian seperti pupuk, dan alat mesin pertanian berasal dari dalam negeri, sehingga produksi tidak terganggu, bahkan surplus.

“Sektor pertanian dapat bertahan di saat seperti ini karena tetap berproduksi. Berbeda dengan sektor lain seperti perdagangan, perhotelan, makanan, yang terhenti,” katanya di Jakarta, Jumat (7/8).
Hal ini sejalan dengan keinginan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang selalu mendorong dan meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Artinya kami selalu memantau dan memastikan tidak ada gangguan dalam produksi oleh petani,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.