Portal Berita Online

Realisasi Tanam Padi di Musim Kedua Sudah 78 Persen

0 6

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan musim tanam kedua tahun ini dengan luas lahan 5,83 juta hektar (ha), sudah terealisasi sekitar lebih dari 78 persen.

Dengan demikian, SYL, memperkirakan kebutuhan beras hingga Desember 2020 mendatang akan tercukupi. Bahkan, surplus.

“Sudah lebih dari 78 persen sudah (ditanami). Jadi, kelihatannya akan cukup aman. Ya, walaupun di sana sini ada hama, bencana alam, tapi kami sudah kurangi itu dalam rasio 4 persen,” ujarnya dalam video daring, Kamis (13/8) malam.

Tanam musim kedua dilakukan sejak Juli 2020. Tahun ini, dilakukan percepatan tanam kedua mengingat untuk mengantisipasi krisis pangan akibat pandemi Covid-19.

Mentan menyebutkan, hingga akhir Juni 2020 sisa stok beras hasil dari panen raya sejak Maret sebanyak 7,8 juta ton. Sementara hasil dari percepatan musim tanam kedua dari ditargetkan produksi bisa mencapai sekitar 13,8 hingga 15,5 juta ton.

Dari hasil panen musim kedua itu, Mentan SYL mengkalkulasi antara sisa stok dan panen panen musim kedua, maka pasokan akan diperoleh sebanyak 17,66 juta ton.

Sementara rata-rata konsumsi masyarakat pada periode Juli hingga Desember 2020 mencapai 15,08 juta ton. Maka, akan terjadi surplus sekitar 2,5 juta ton. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.