Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ridwan Kamil Dukung Kostratani Masuk Jabar

0 21

BANDUNG, KABARPANGAN.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produktivitas pertanian yang berkualitas di wilayahnya, yakni melalui Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

Peresmian Kostratani di Jabar dihadiri oleh Gubernur Ridwan Kamil, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, dan disiarkan secara live streaming, pada Jumat (28/8).

Ridwan Kamil mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 telah mengubah pola pikir dan orientasi kita semua, khususnya mengenai pertanian.

“Covid-19 mengajarkan kita semua jika pertanian itu tangguh dan membanggakan kita semua. Hal ini juga mengubah orientasi dan pola pikir kita semua, termasuk di Jawa Barat. Kita akan jor-joran untuk meningkatkan ekonomi pertanian di tahun depan. Dan jika mau produktif, kita harus berani beradaptasi dan memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Kehadiran Kostratani di Jabar, kata Ridwan, sangat bagus karena dapat mengatasi masalah data yang selama ini terjadi di sektor pertanian.

Ads Air Haji

“Salah satu masalah yang kita hadapi adalah data, karena data yang ada tidak pernah akurat. Sehingga kami akan menyiapkan Kostrawil untuk mendukung itu. Kostrawil di Jawa Barat akan punya pusat komando, di dalamnya punya banyak komputer banyak data sebagai komando ketahanan pangan. Kami juga harus punya neraca ketahanan pangan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyebut tanah Jawa Barat sebagai salah satu yang tersubur di dunia.

Tanah Jawa Barat sangat subur, tapi produktivitasnya kurang. Berarti pengetahuan dan kemampuan SDM harus juga ditingkatkan. Karena kalau kita lihat produksi di Thailand dan Vietnam berbanding lurus antara produksi lahan dan kemampuan SDM-nya. Berarti itu harus kita lakukan juga, katanya.

Sementara Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan keberadaan Kostratani harus dimanfaatkan dengan baik.

Karena Kostratani bukan hanya sebagai tempat data dan informasi. Kostratani juga menjadi tempat untuk berkonsultasi dan belajar petani. Mereka bisa mencari tahu apa yang butuhkan untuk meningkatkan produktivitas, tuturnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.