Portal Berita Online

Ridwan Kamil Lepas 30 Ton Ubi Jalar ke Hong Kong

0 39

BANDUNG, KABARPANGAN.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas sebanyak 30 ton ubi jalar ke Hong Kong hasil produksi petani di Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/9).

Kang Emil, begitu disapa, mengatakan ekspor ubi jalar merupakan bagian dari Gerakan Ekspor Tiga Kali (Gratieks) produk tanaman pangan di Jabar tahun 2020 ini.

“Per bulan ada 30 ton yang diekspor dan itu baru ke Hong Kong saja,” ujarnya saat melepas ekspor ubi jalar.

Lanjut Kang Emil, meski perekonomian dunia akibat pandemi Covid-19 mengalami pelemahan, namun sektor pertanian di Indonesia terutama di Jabar tetap bergairah dan terus melakukan ekspor. Total, di jabar akan ekspor ubi jalar mencapai 360 ton hingga akhir 2020.

“Saya sangat bangga karena ketahanan pangan tidak terkendala Covid-19, bahkan kita bisa ekspor. Salah satu ekonomi yang tangguh terhadap Covid-19 adalah ekonomi pertanian dan salah satu unggulannya yaitu ubi jalar,” ucapnya.

Dia berharap, ke depan bukan hanya Hong Kong saja yang menjadi negara tujuan ekspor, melainkan beberapa negara lain. Ubi jalar diekspor ke Hong Kong digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung, kue, es krim, dan beragam produk olahan lainnya.

“Harapan saya tidak hanya hanya Hong Kong, tapi ke negara besar lainnya, sehingga ekspor ubi jalar bisa mencapai ribuan ton,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jabar Dadan Hidayat mengklaim, ubi jalar dari Jabar merupakan varietas terbaik di dunia. Jenis ini merupakan unggulan.

“Ini baru di satu desa, kita targetkan di desa lain di Jabar juga mengekspor karena sifat ubi jalar yang adaptif bisa tumbuh di mana pun. Ubi jalar asli Jabar adalah yang terbaik di dunia,” tukasnya.

Area lahan tanaman ubi jalar di Jabar saat ini total seluas 22 ribu hektar dengan total produksi mencapai 547.879 ton. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.