Portal Berita Online

Ridwan Kamil: Sektor Pertanian di Jabar Paling Tangguh Hadapi Covid-19

0 10

BOGOR, KABARPANGAN.ID – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyampaikan bahwa sektor pertanian di Jawa Barat (Jabar) paling tangguh tidak terdampak hantaman pandemi Covid-19, berbeda dengan sektor lainnya yang rontok.

“Iya, di Jawa Barat, pertanian itu paling tangguh terhadap Covid-19,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, di Cirebon, Rabu (5/8).

Dia juga mendorong petani Jabar untuk mulai meninggalkan alat konvensional, dan diganti dengan sistem industri pertania 4.0. Sebab dengan sistem berbasis teknologi ini akan lebih efisien dan lmeningkatkan produksi pertanian.

“Kabupaten Cirebon harus fokus kepada sektor pertanian, sebab pertanian ternyata paling tagguh selama masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kang Emil menyebut, sistem pertanian 4.0 telah digunakan di Kabupaten Indramayu, untuk memberikan makan ikan. Juga di Sukabumi, para nelayan menggunakan aplikasi untuk menangkap ikan langsung tepat sasaran. Begitu juga petaninya menyemprot tanaman menggunakan kapal tanpa awak.

“Sementara di Bandung, petaninya langung menjual produk pertaninya melalui online. Sudah tidak lagi melalui tengkulak,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.