Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sapi Lokal Cuma 58 Persen Penuhi Kebutuhan Daging Nasional

0 22

Jakarta, Kabarpangan.id – Populasi sapi potong dalam negeri terus mengalami peningkatan, pada tahun 2021 diperkirakan mencapai 18,5 juta ekor. Ini meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 17,8 juta ekor.

Dari komposisinya itu hanya 1,8 juta ekor sapi jantan dewasa dan 8,3 juta ekor betina dewasa. Sehingga total potensi stok sapi potong sekitar 2,1 juta ekor atau setara daging 377.063 ton.

Sementara itu, kebutuhan daging nasional sekitar 700.000 ton. “Imbasnya kita kekurangan daging dan gap kurang terus naik. Ini kan aneh populasi terus meningkat, namun impornya juga naik. Sementara konsumsi daging daging cenderung turun,” ujar Ketua Umum Ikatan Saraja Peternakan Indonesia (ISPI), Didiek Purwanto dalam video daring, Minggu (24/1/2021).

Ads Air Haji

Dia mengatakan, produksi dalam negeri hanya memenuhi 58 persen untuk memenuhi kebutuhan daging, maka kekurangannya dipenuhi dari impor. Padahal daging sapi salah satu kebutuhan pokok dan produk strategis karena memiliki keterkaitan dengan 120 sektor hulu maupun hilir.

Untuk pengembangan sapi dalam negeri memang tidak mudah karena memiliki beeberpa karateristik di antaranya usia pubertas, panjang gestasi dan umur melahirkan pertama lebih lama, tidak menunjukkan prilaku estrus yang sama calving interval panjang rata-rata 15 tahun, banyak sapi Indonesia mengalami penurunan kualitas karena perkawinan silang yang tidak terstruktur.

“Secara umum sapi dipelihara secara tradisional dan hanya sebagai tabungan serta penyebarannya tidak merata, bahkan di wilayah padat penduduk yang populasi lebih padat,” ungkap dia.

Selain itu, kata dia, budidaya sapi potong tidak menarik bagi investor maupun perbankan. Untuk itu, kata Didiek, perlu arah pembangunan peternakan yang terstruktur, sustainable, kesamaan bahasa serta partisipasi aktif semua stakeholder guna pemberdayaan dan perlindungan peternak lokal. (mh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.