Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Segudang Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

0 6

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Mungkin banyak orang mengira daun salam hanya digunakan sebagai penyedap makanan. Ternyata, banyak segudang manfaatnya terlebih bagi kesehatan.

Daun salam dapat menyembuhkan bebagai jenis penyakit ringan maupun berat, seperti dapat menurunkan gula darah dan kolesterol, mengobati batu ginjal, dan mencegah kanker. Ini karena, daun salam terdapat kandungan senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin yang mampu menurunkan kadar trigliserida.

Tak hanya itu saja, daun salam juga mengandung berbagai mineral seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsiun.

Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat kamu harus mencoba mengolah daun salam untuk dijadikan teh daun salam.

Cukup mudah lho! untuk mendapatkan khasiat itu, yakni dengan mencampur air rebusan dengan daun teh.

Caranya, siapkan satu liter air, satu sendok teh kayu manis bubuk, Sejumput daun teh kering, enam lembar daun salam, serta satu sendok makan madu (sesuai selera).

Ads Air Haji

Selanjutnya, direbus dan didikan satu liter air dan tambahkan satu sendok teh kayu manis, daun teh kering dan daun salam. Kecilkan api dan biarkan bahan larut selama lima menit.

Setelah itu, saring dan air rebusan daun salam bisa diminum setiap pagi saat perut masih kosong dan sisanya bisa diminum pada siang atau malam hari. Cukup mudahkan kan!.

Kendati demikian, daun salam juga berpotensi menggangu kesehatan. Mengutip laman alodokter, penggunaan daun salam harus berhati-hati, karena akan menimbulkan gangguan pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Saat hendak mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Alasannya, pada daun salam mentah atau kurang matang, mungkin masih terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Selain itu, daun salam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui, dan pasien yang akan menjalani pembedahan.

Secara umum, mengonsumsi daun salam sebagai makanan tergolong aman. Namun jika ingin mengonsumsi sebagai obat herbal, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter. Karena, daun salam akan menimbulkan efek samping atau memengaruhi obat-obatan yang Anda sedang konsumsi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.