Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sektor Pertanian Jadi Kekuatan Ekonomi di tengah Covid-19

0 21

Jakarta, Kabarpangan.id – Di tahun 2020 merupakan tahun terberat, sejumlah sektor ekonomi rantai pasok dan permintaan terganggu. Namun, berbeda halnya dengan pertanian, di mana justru menjadi kekuatan ekonomi nasional dan penyelamat masyarakat.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menuturkan, pandemi menunjukkan bahwa pertanian menjadi kekuatan yang paling besar untuk menopang kehidupan 273 juta masyarakat Indonesia.

“Saya ingin katakan bahwa kekuatan ekonomi kita adalah pertanian dan itu ada di depan mata kita,” kata Syahrul dalam video daring, Rabu (6/1/2021)

Ads Air Haji

Syahrul mengatakan, dalam melawan penyebaran virus, solusi kesehatan menjadi yang utama. Namun, hal lain yang tak boleh luput yakni soal ketahanan pangan.

“Karena ini urusan perut yang tidak bisa ditunda. Alhamdulillah, selama 2020, dari semua sektor, ternyata hanya pertanian yang positif,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, sesuai instruksi langsung kepala negara, 11 komoditas pangan dasar masyarakat menjadi fokus utama Kementan untuk tetap dalam kendali. Namun, dari 11 komoditas, beras menjadi yang utama karena menjadi makanan pokok bagi masyarakat.

Menurut dia, pasokan beras hingga akhir tahun 2020 diproyeksikan surplus sekitar 7 juta ton. Itu salah satunya hasil dari upaya percepatan musim tanam dua yang dilakukan pada medio 2020 sekaligus sisa-sisa stok saat musim panen yang terakumulasi. (mh)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.