Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sektor Pertanian Perlu Tingkatkan Investasi

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kontribusi sektor pertanian yang tumbuh positif terhadap struktur pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 15,46 persen di saat pandemi Covid-19 harus dipertahankan. Salah satunya adalah peningkatan investasi di sektor ini yang masih terbilang dibandingkan dengan sektor lainnya.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Amanta mengatakan dengan peningkatan investasi di sektor pertanian tentunya akan bisa menjaga dan mendorong pertumbuhan di sektor ini.

Dia menyebut, Asian Development Bank mencatat investasi di sektor pertanian Indonesia sebesar Rp 400 triliun yang sebagian besar berasal dari petani di 2016.

Ads Air Haji

Artinya, kata dia, investasi asing hanya menyumbang kurang dari 5 persen. Nah, menurut dia, dengan masuknya investasi dapat membantu membentuk sektor pertanian.

“Investasi akan membantu sektor pertanian yang resilien dan berkelanjutan, melalui melalui pendanaan riset dan pengembangan, teknologi, maupun pengembangan kapasitas sumber daya masyarakat,” katanya di Jakarta, Rabu (4/8).

Dia juga menyoroti pemerintah harus serius melakukan antisipasi krisis iklim yang berdampak besar pada produktivitas sektor pertanian.

“Dampak yang ditimbulkan karena iklim, seperti perubahan cuaca, banjir ekstrim, kemarau berkepanjangan, penurunan kualitas tanah, mempengaruhi masa tanam, metode tanam dan juga panen,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.