Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sektor Pertanian Tumbuh Saat PDB Indonesia Negatif

0 14

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Badan Pusat Statistik mencatat sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II/2020 yang minus 5,32 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Ada tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan positif, yakni pertanian, informasi dan komunikasi, dan pengadaan air.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, sektor pertanian mengalami pertumbuhan 2,19 persen secara tahunan pada kuartal II/2020, karena ditopang sektor tanaman pangan yang tumbuh 9,23 persen.

Ads Air Haji

“Terjadi pergerseran panen raya tahun ini. Pada tahun lalu bulan Maret, tapi tahun ini di April dan Mei, sehingga tanaman pangan tumbuh bagus,” katanya, Rabu (5/8).

Kemudian, sektor kehutanan dan penebangan kayu, yang tumbuh 2,23 persen secara tahunan. Sementara, sektor peternakan tertekan paling dalam, yakni minus 1,83 persen.

“Ini disebabkan adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga terjadi penurunan permintaan unggas,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.