Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sepatan Tangerang Miliki Produk Holtikultura Berkualitas

0 6

TANGERANG, KABARPANGAN.ID – Terdapat tiga wilayah di Kabupatan Tangerang yang dikenal sebagai kawasan agropolitan dengan produk holtikultura yang berkualitas. Yakni, Kecamatan Sepatan, Kecamatan Sepatan timur dan Kecamatan sukadiri.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Febya Setyaningsih mengatakan, dengan kualitas produk tanaman hortikultura yang sudah ada selama ini dan juga diversifikasi tanaman selain hortikultura diharapkan dapat meningkatkan nilai jual sehingga meningkatkan kesejahteraan petaninya.

“Terdapat tiga desa mendukung sentra pengembangan agropolitan di antaranya Gempolsari, Sangiang dan Pondok kelor,” ujarnya, pekan ini.

Dia menambahkan, petani yang ada di Sepatan sampai saat ini sudah melakukan program pertanian hortikultura. Upaya yang sudah dilakukan mulai dari sortasi, pencucian hingga ke pengemasan. Produk tanaman hortikultura wilayahnya sudah dipasarkan di pasar tradisional atau baru di Pasar Becek.

Ads Air Haji

“Nantinya produk-produk tersebut diharapkan bisa masuk ke ritel modern. Dengan bisa masuk ritel modern ini tentu saja akan meningkatkan nilai jual dan meningkatkan ekonomi petani,” tuturnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prof Dedi Nursyamsi mengatakan untuk membangun Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) model Kostratani, kesiapan sarana dan prasarana di BPP mulai dari jaringan listrik, telepon dan internet menjadi suatu keharusan tersedia, karena penyampaian data dan informasi terhubung dengan Agriculture War Room (AWR).

Selain itu, lanjut dia, BPP dalam Kostratani juga harus mampu menjadi insan yang andal, tekun, dan profesional. Dalam arti tidak hanya mampu mendongkrak produksi pertanian yang berkualitas namun juga meng-update teknologi informasi serta menguasai dan mampu mengoperasionalkan seluruh perangkat sistem yang dipersiapkan Kementan.

Pogram Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) adalah sebuah gerakan bersama strategi pembangunan pertanian yang dicanangkan Menteri Pertanian (Mentan) Sahrul Yasin Limpo. Program berbasis teknologi informasi ini bisa menyambungkan para kelompok tani melalui platform e-commerce, sehingga hasil produknya bisa terserap secarap optimal oleh masyarakat luas. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.