Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Serikat Buru Minta RUU Ciptaker Perhatikan Sektor Pertanian

0 5

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Ketua Umum Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Jawa Barat, Wari Maulana menilai selama ini pemerintah kurang memperhatikan sektor pertanian. Padahal, di tengah pandemi Covid-19 berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor pertanian memberi kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 16,4 persen.

Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan sektor pertanian yang telah memperkuat ekonomi domestik.

“Selama ini pembangunan ekonomi bangsa lebih diarahkan pada industrialisasi manufaktur. Industri pertanian kurang diperhatikn pemerintah,” ujarnya, baru-baru ini.

Ads Air Haji

Dia meminta regulasi RUU Cipta Kerpa (Ciptaker) yang tengah digodok agar berpihak kepada sektor pertanian.

“Regulasi yang digodok pemerintah dan DPR seperti RUU Ciptaker, juga harus diarahkan untuk lebih menumbuh kembangkan pertanian,” jelas Wari.

Dia menambahkan, seharusnya RUU Ciptaker diarahkan untuk mengembangkan investasi bidang pertanian dan peningkatan teknologinya.

“Kan kita kan punya sumberdaya alamnya,’’ ucapnya.

Maka, menurutnya, pengangguran dan korban PHK yang besar karena dampak Covid-19 akan cepat terserap ke sektor pertanian, bukan hanya ke manufaktur. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.