Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Setiap Tahun Berubah: Roadmap Industri Hasil Tembakau Tidak Jelas

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Regulasi Industri Hasil Tembakau (IHT) setiap tahun selalu berubah. Kondisi ini berpotensi menimbulkan ketidakpastian dan merugikan IHT. Ekonom menyarankan pemerintah untuk segera membuat roadmap atau peta jalan IHT, sehingga menjadi jelas dan memiliki kepastian.

Ekonom sekaligus dosen Hukum Bisnis Universitas Jember Fendi Setyawan mengatakan, kerap berubahnya regulasi IHT karena berorientasi pada pencapaian target penerimaan, ketimbang pengendalian atau pembatasan konsumsi rokok.

“Desaian kebijakan cukai hampir setiap tahun berubah lewat PMK. Nah ini menimbulkan ketidakpastian dan mengancam keberlangsungan IHT,” ujarnya dalam video daring, Sabtu (15/8).

Dia melihat regulasi yang setiap tahun berdampak pada penurunan tenaga kerja di IHT baik dari hulu hingga hilir. Kondisi ini tentu sangat berbahaya bila pemerintah tidak segera membenahi persoalan IHT secara tepat dan cepat.

Ads Air Haji

“Dampaknya terjadi penurunan tenaga keja di industri dari hulu hingga hilir. Padahal pertumbuhan ekonomi daerah juga mengandalkan dari perkebunan tembakau dan industrinya,” ucapnya.

Saran dia, pemerintah merumuskan kebijakan roadmap IHT dan rencana strategis pertembakauan nasional yang berbasis strategi pertembakauan nasional yang berbasis kesejahteraan petani dan pasar global.

“Roadmap IHT harus mengedepankan kedaulatan dan kemandirian bangsa dengan mensinergikan semua pemangku kepentingan. Jika ini dilakukan, keberlangsungan IHT akan terjaga,” pungkasnya.

Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan, IHT salah satu penopangan perekonomian negara di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Penerimaan cukai merupakan kontributor ketiga terbesar dalam penerimaan dalam negeri, di mana 95 persen berasal dari cukai hasil tembakau,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.