Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sigi Dijadikan Sentra Bawang Putih

0 9

SIGI, KABARPANGAN.ID – Sejalan dengan keinginan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah akan menjadikan Kabupaten Sigi, sebagai sentra produksi bawang putih.

“Kami ingin kembangkan bawang putih menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Sigi,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Moh Hidayat Lamakarate, di Sigi, Selasa (4/8).

Lanjut dia, Pemda Sulteng akan mendorong kelompok tani di Kecamatan Marawola Barat dan sekabupaten Sigi agar menjadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan baru.

“Saya berharap panen bawang putih ini bisa dikembangkan menjadi komoditas unggulan Sigi,” ujarnya.

Ads Air Haji

Ke depan, dia berharap, kelompok tani di Sigi bisa mandiri dalam mengelola pertanian. Artinya tanpa pendampingan bisa tetap jalan dengan hasil produksi yang melimpah.

“Saat ini kelompok tani masih diberikan stimulus berupa bibit dan pupuk. Kami harapkan ke depan bisa mengembangkan pertanian bawang putih secara mandiri,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sigi Mulyadi Hoase mengatakan bantuan pengembangan bawang putih merupakan kerja sama dengan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulteng.

“Dalam kerjasama ini, pengembangan bawang putih di Kabupaten Sigi mencapai 100 hektar di Kecamatan Marawola Barat,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.