Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sinar Mas Bantu Modal Petani Sawit di Sumsel

0 8

SUMSEL, KABARPANGAN.ID – Sinar Mas Agribusiness and Food melalui anak usahanya, PT Djuanda Sawit Lestari membantu pembiayaan kepada petani sawit di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel). Modal tersebut dipergunakan untuk peremajaan sawit.

Kemitraan strategis ini membantu 420 petani swadaya mendapatkan dana pembiayaan peremajaan sawit lebih dari Rp 150 miliar, termasuk penyediaan bibit, pupuk dan pendampingan teknis untuk total luasan kebun sebesar 1.315 hektar.

“Program kemitraan untuk peremajaan sawit petani, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas tanaman sawit mereka. Sehingga, kesejahteraan petani dan keluarganya menjadi lebih baik,” ujar CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Sumsel, Iswanto Nadjaja dalam keterangannya, Senin (14/9).

Ads Air Haji

Produksi Tandan Buah Segar (TBS) petani Sumatera Selatan selama ini cukup rendah, banyak usia tanaman yang sudah tua, dan perlu dilakukan peremajaan kebun. Petani juga memiliki keterbatasan akses biaya peremajaan dan penerapan budidaya kelapa sawit yang baik. Oleh karena itu, kemitraan strategis ini menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi oleh para petani.

Ketua Koperasi Al faiz Mandiri Siti Marfuah menyambut baik kemitraan strategis tersebut.

”Selain pembiayaan peremajaan kebun sawit. Perusahaan juga membantu mengelola kebun sawit melalui penyediaan bibit unggul bersertifikat dan pupuk, pendampingan teknik agronomi yang berkelanjutan, serta sertifikasi ISPO dan RSPO,” ujarnya. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.