Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sistem Panel Harga Kini Mencakup Seluruh Indonesia

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) menyiapkan sistem panel harga untuk komoditas pangan di seluruh Indonesia. Sebetulnya panel harga sudah ada namun baru mencakup wilayah 16-17 provinsi.

Kepala Distribusi Cadangan Pangan Maino Dwi Hartono mengatakan, panel harga untuk mempercepat mengatasi masalah harga pangan.

“Sekarang ini sudah punya 1.000 petugas di lapangan, sehingga harga komoditas bisa terlihat secara realtime, sekaligus mempercepat langkah ketika ada masalah harga di petani,” ujarnya, Rabu (9/9).

Ads Air Haji

Dia menegaskan, panel harga diluncurkan bukan untuk menyaingi data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) maupun Info Pangan Jakarta yang sebelumnya telah ada.

Kedua statistik harga tersebut, kata Maino, baru menunjukkan situasi harga di tingkat hilir. Sementara, untuk statistik harga di tingkat produsen belum tersedia sehingga kondisi riil yang dialami kurang diperhatikan oleh masyarakat.

“Sehingga, BKP membuat panel harga saat ini sudah ada harga untuk gabah, beras, jagung kedelai, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, dan sapi hidup,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.