Portal Berita Online
Ads Beras Haji

SMIPY, Media Tanam di Perkotaan Karya Tiga Mahasiswa ITB

0 53

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (ITB) menelurkan inovasi mempermudah masyarakat perkotaan untuk budidaya tanaman dengan alat bernama SMIPY, yakni Smart Mini Plant Factory berbasis internet of things sebagai pendukung urban farming.

Ketiga mahasiswa dari fakultas Departemen Teknik Mesin dan Biosistem ITB itu terdiri dari Mu’minah Mustaqimah, Ahmad Safrizal, dan Bung Daka Putera. Adapun tim yang membimbing adalah Dr Slamet Widodo S TP, M Sc.

Mu’minah menjelaskan, SMIPY adalah sebuah alat yang diperuntykkan untuk masyarakat perkotaan yang kekurangan lahan dalam menanam dan kekurangan waktu untuk menjaga atau merawat tanamnnya.

“Alat ini dilengkapi dengan internet of things, yang dapat terhubung ke internet sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol tanaman dari mana saja,” ujarnya, belum lama ini.

Ads Air Haji

Dia menerangkan perbedaan SMIPY dengan hidroponik adalah sistem yang bisa ratasi tanam.

“Jadi di setiap rak itu, pengaturan nutrisinya berbeda-beda yang memungkinkan pengguna menanam komoditas yang berbeda atau komoditas pangan dengan sistem panen bergilir,” terangnya.

Alat menjamin kesegarannya, kata dia, karena dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan sayuran dalam keluarga. Alat ini juga memungkinkan untuk dikembangkan dalam skala usaha yang besar.

“Sejauh ini, masyarakat tidak banyak yang tahu bahwa pertanian bisa dilakukan dengan mudah dan simple,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.