Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Sulteng Ekspor Perdana 26 Ton Pala ke Cina

0 7

Jakarta, Kabarpangan.id – Sulawesi Tenggara akhirnya dapat melakukan ekspor pala ke Cina. Diketahui, pala mempunyai nilai jual tinggi karena memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, hingga makanan.

Pala yang dihasilkan oleh para petani selama ini banyak dipasarkan ke Makassar dan Surabaya. Setelah sekian tahun hanya diperdagangkan secara lokal, kini pala Sultra akhirnya dapat diekspor secara langsung ke mancanegara. Cina, negara yang menjadi tujuan ekspor perdana 26 ton pala asal Sultra ini melalui pelabuhan Kendari New Port.

Sebelum diberangkatkan ke negara tujuan. Pejabat Karantina Pertanian Kendari melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan fisik pada biji pala untuk memastikan pala tersebut bebas dari organisme penganggu tumbuhan karantina (OPTK).

Ads Air Haji

“Syarat dari negara tujuan, pala harus bebas dari OPTK, setelah kami periksa, kami pastikan sehat dan aman,” ujar Pejabat Karantina Pertanian Kendari, Rahman dalam keterangannya, Sabtu (9/1/2021).

Setelah pala dinyatakan sehat, aman, dan jumlah serta jenisnya sesuai dengan yang dilaporkan maka diterbitkan Phytosanitary Certificate (KT-10). Sebagai bukti bahwa media pembawa bebas dari OPTK target negara tujuan.

SobatQ, ekspor komoditas pertanian memberikan nilai lebih bagi para petani dan mendatangkan devisa bagi negara. Peluang untuk ekspor komoditas pertanian saat ini semakin terbuka. Kementerian Pertanian mendorong agar petani dan pengusaha dapat melakukan ekspor langsung dari daerah-daerah. (mh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.