Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tanaman Hidroponik Diperkenalkan ke Siswa-Siswi SMP

0 13

LEMBANG, KABARPANGAN.ID – Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan Cendekia Leadership School (CLS) Kota Bandung, Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan tentang budidaya pertanian khususnya persemaian serta hidroponik kepada siswa-siswi SMP.

Pelatihan dilakukan secara virtual zoom cloud meeting yang diikuti oleh 49 siswa-siswi dan guru selama 1,5 jam.

Sebagai pemberi materi adalah Widyaiswara BBPP Lembang, yakni Dewi Padmisari dan Sani Hanifah. Mereka memberikan materi persemaian tanaman dan persemaian tanaman secara hidroponik. Pelatihan juga dilakukan secara praktik langsung.

Dikenalkan tentang alat dan bahan yang dibutuhkan untuk persemaian baik secara konvensional maupun hidroponik, mulai dari seed tray/persemaian, pinset, sprayer, dan media tanam berupa rockwool, cocopeat, arang sekam, dan kascing serta aneka benih sayuran.

“Untuk persemaian secara hidroponik menggunakan rockwool yang telah dipotong-potong ukuran 3×3 cm, letakkan di baki, semprot terlebih dahulu dengan air hingga lembab, lalu lubangi rockwool dengan tusuk gigi/paku dan letakkan benih satu persatu menggunakan pinset,” jelas Dewi, belum lama ini.

Ads Air Haji

“Setelah itu tutup dengan plastik hitam atau karung supaya tanaman cepat tumbuh keluar, lalu segera buka setelah tumbuh kecambah,” sambung Dewi.

Dijelaskan tentang proses persemaian secara konvensional menggunakan media arang sekam, cocopeat, dan kascing dengan perbandingan 1:1:1, diratakan dalam seed tray.

“Sementara nutrisi untuk pupuk tanaman hidroponik, bisa menggunakan nutrisi hidroponik AB mix, nutrisi A warnanya merah, nutrisi B warnanya bening atau dapat pula digunakan pupuk NPK plus pupuk daun,” kata Sani.

Lanjut Dewi menerangkan tentang konsep urban farming. Konsep urban farming adalah bagaimana memanfaatkan lahan pekarangan untuk konsumsi keluarga, bila berlebih bisa dijual.

“Di dalam urban farming, dapat menggunakan beberapa sistem dalam teknologi hidroponik dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol mineral, plastik kemasan minyak, kaleng bekas cat dan lain-lain,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.