Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tantangan Kabupaten Temanggung Kembangkan Vanili

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Daerah Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, tanaman holtikultura primadonanya adalah vanili atau dikenal dengan ”Emas Hijaunya Indonesia”. Permintaan komoditi ini setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Pengembangan vanili di daerah ini pun dilakukan secara berkesinambungan. Selain vanili, yang menjadi langganan ekspor dari Temanggung, yakni kopi dan tembakau.

Namun dalam pengembangan tanaman Vanili tidak mudah, petani kerap mendapatkan kendala, salah satunya hingga saat ini permintaan benih vanili asal Temanggung belum dapat dipenuhi secara optimal.

Ads Air Haji

Contohnya, permintaan benih asal Temanggung dari satu daerah di Jawa Barat belum dapat terlayani karena terkendala dengan legalitas.

“Besar harapan dari Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui kegiatan indentifikasi vanili ini agar legalitasnya jelas, sehingga petani yang telah memiliki pasar ekspor dapat terlindungi dan terayomi dari tindakan eksportir yang merugikan petani,” ujar asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, C Masrik Amin Zuhdi dalam keterangannya, Jumat (28/8).

Selain itu, pemda setempat juga berharap di daerahnya memiliki legalitas juga mendapat apresiasi dari Tim Identifikasi BBPPTP Surabaya. Legalitas bibit vanili dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi petani vanili tersebut baik sebagai pemilik sumber benih atau sebagai penangkar benih. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.