Portal Berita Online

Terlilit Utang, Banyak Petani Indonesia Tidak Sejahtera

0 15

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petani di Indonesia kerap menghadapi banyak masalah. Padahal peran mereka sangat strategis dalam menjaga ketersediaan pangan nasional yang dibutuhkan seluruh masyarakat. Sayangnya, kurang mendapat dukungan yang optimal dari pemerintah.

Presiden sekaligus Co-Founder TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan, bahwa selama ini petani masih kesulitan dalam mengakses modal dari perbankan. Sementara sektor lain sangat mudah untuk mendapatkan dana.

Ia memahami, perbankan tidak mau mengambil risiko tinggi jika memberikan pinjaman kepada petani. Ini karena proses bayar utang yang tidak lancar.

“Kalau dapat pinjaman bank itu hanya sedikit. Akhirnya pertani lebih baik pinjam sama tengkulak atau rentenir dengan bunga tinggi,” katanya, Senin (24/8).

Karena itu, lanjut dia, salah satu yang membuat petani di Indonesia masuk kategori miskin karena terlilit utang. Sementara luasan lahan juga sangat kecil, meskipun punya lahan luas namun hanya sebagian yang digunakan karena keterbatasan modal. Di sisi lain, kesulitan akses pemasaran.

“Petani tidak tahu pasar di mana, harga jadi mahal dan tidak kompetitif,” ujarnya.

Sebagai solusi, TaniHub Group menyediakan layanan pada anak usahanya, yakni TaniHub, TaniFund, dan Tani Suplai. Ketiganya itu saling mendukung operasional rantai pasok dari petani kepada konsumen.

Selain itu, TaniHub juga memberikan pengetahuan kepada petani yang didatangkan dari perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.