Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tingkatkan Daya Saing Global, Industri Mamin Wajib Berbasis Teknologi 4.0

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebutkan untuk mampu berkompetisi di tingkat global, maka industri makanan dan minuman (mamin) nasional harus menggunakan teknologi industri 4.0.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim mengatakan, dengan menggunakan industri 4.0 akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi sektor industri mamin antara 10 hingga 15 persen.

“Ini penting karena dengan teknologi industri 4.0, pelaku industri dapat melakukan estimasi kapan waktu yang tepat untuk memperbaiki atau merevitalisasi peralatan produksi yang mereka miliki, sekaligus dapat mencegah kerusakan alat produksi yang berdampak pada proses produksi,” katanya di Jakarta, Senin (27/7).

Ads Air Haji

Lebih jauh dia mengatakan, teknologi industri 4.0 juga berperan penting untuk meningkatkan utilisasi pabrik pada sektor mamin, terlebih pada kondisi pandemi Covid-19.

“Implementasi teknologi industri 4.0 dapat menjadi solusi ketika pabrik belum dapat sepenuhnya beroperasi secara normal. Apabila dalam keadaan normal, implementasi teknologi industri 4.0 pada sektor mamin dapat meningkatkan utilisasi 20-25 persen,” paparnya.

Sebelumnya, pemerintah telah mencanangkan percepatan penerapan teknologi industri 4.0 melalui implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0, dengan industri mamin sebagai salah satu sektor prioritas yang dipacu pengembangannya. Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan pada 2018 oleh Presiden Joko Widodo merupakan arah dan strategi bagi percepatan penerapan industri 4.0 di Tanah Air. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.