Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tingkatkan Pendapatan, Petani Tabir Ulu Beralih Tanam padi Berumur Pendek

0 9

JAMBI, KABARPANGAN.ID – Untuk meningkatkan pendapatan keluarga, para petani yang tergabung dalam tiga kelompok tani di Kecamatan Tabir Ulu, Jambi mulai beralih menanam padi berumur pendek yang produktivitas tinggi.

Ketiga kelompok tani tersebut adalah Talang Palik, Dian Pisingit, dan Bakal dalam. Mereka berlokasi di desa Pulau Aro, Kabupaten Merangin, Jambi.

Masing-masing luas di tanam pada setiap kelompok Tani tersebut Talang Palik seluas 1,5 hektar (ha), Dian Pisingit seluas 1,5 ha dan Bakal Dalam seluas 1, 5 ha. Para kelompok tani ini melakukan kegiatan tanam padi, Varietas yang ditanam adalah Ciherang dan Inpari 30.

Penyuluh Kecamatan Tabir Ulu Dame Gelismey menjelaskan, peralihan fungsi lahan ke tanaman padi karena komoditas itu menjanjikan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Ads Air Haji

“Melalui peralihan menanam padi ini, diharapkan pendapatan petani setempat meningkat, sehingga mereka menjadi sejahtera,” katanya, Jumat (24/7).

Kesempatan yang sama, Kepala Badan BPPSDM Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan, di tengah pandemi Covid019 diperlukan penyediaan pangan yang cukup.

“Seluruh insan pertanian harus turun ke lapangan, tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat indonesia. Dan tetap bekerja memperjuangkan ketersediaan pangan serta tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19,” pungkasnya.

Koordinator BPP Tabir Ulu Zul Hendri mengatakan petani di wilayah ini dalam menanam padi menerapkan sapta usaha. Dengan demikian, hasilnya nanti akan memuaskan. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.