Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tingkatkan SDM, Kostratani Diperkenalkan di Pangandaran

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus gencar memperkenalkan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di seluruh wilayah Indonesia, termasuk kali ini menyambangi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kehadiran Kostratani di Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa meningkatkan SDM pertanian, sehingga hasil produktivitas pertanian meningkat hingga berlipat-lipat dan berkualitas.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, peningkatan SDM sektor pertanian sangatlah penting mengingat sesuai dengan pesan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, bahwa Indonesia harus bisa menjadi lumbung pangan, selain itu meningkatkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Berbicara mengenai pembangunan pertanian, maka harus dilakukan dari pembangunan SDM terlebih dahulu. Yang terpenting adalah memberdayakan SDM, memberdayakan petani, memberdayakan penyuluh, memberdayakan petani milenial, dan memberdayakan seluruh stakeholder pertanian,” ujarnya dalam keterangannya, pekan ini.

Ads Air Haji

Dedi Nursyamsi menjelaskan, melalui pemberdayaan SDM akan meningkatkan produktivitas pertanian. Baik produktivitas dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten atau kota, provinsi, bahkan nasional ikut terkerek meningkat.

Bila produktivitas sudah meningkat, lanjut dia, swasembada pangan bukan hanya sekadar mimpi belaka, namun swasembada pangan sudah ada dalam genggaman.

“Saya datang ke sini untuk membangun SDM pertanian di Pangandaran. Caranya Melalui Kostratani. Sebab Kostratani fungsinya sebagai pusat data dan informasi, pusat pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, juga konsultasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Tisna Umaran menyambut baik kehadiran Kostratani di wilayahnya. Kehadiran Kostratni tentu bisa memberikan semangat para petani, sehingga bisa mendongkrak produktivitas pertanian jadi lebih baik lagi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.