Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tolong! Kalbar Kesulitan Dapat Benih Bersertifikat

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Perkebunan di Kalimantan Barat (Kalbar) saat ini tengah krisis benih berertifikat dan lulus pengawasan. Padahal, Kementerian Pertanian (Kementan) selalu mendorong petani untuk meningkatkan produksi pertanian dan yang berkualitas.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan perkebunan di Kalbar saat ini. Meski keadaan sulit, bagaimana produksi dan kualitas tetap tinggi.

“Untuk memenuhi kebutuhan program pemerintah terutama pengadaan benih atau bibit untuk tanaman perkebunan masih sulit. Pemenuhan kuota dalam program benih tidak terpenuhi,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Kalbar, Heronimus Hero, dalam video daring, pekan ini.

Ads Air Haji

Sebagai solusi, pihaknya menjalin kerjasama dengan penangkar benih secara berkesinambungan akan memproduksi benih berkualitas.

“Ya, kami (Dinas Perkebunan dan penangkar) akan bersinergi secara kesinambungan akan memproduksi benih,” katanya.

Saat ini, prioritas tanaman perkebunan di Kalbar di antaranya kelapa sawit, kelapa, kopi, lada, dan kakao.

Adapun kebutuhan benih di Kalbar tahun ini untuk sawit program perkebunan rakyat sebanyak 1,13 juta batang, karet 258.000 batang, lada 410.000 batang, kopi robusta 72.000 batang, dan kelapa dalam unggul 19.500 batang. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.