Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Tujuh Bibit Unggul Bisa Dongkrak Produksi Gula Nasional

0 18

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya meningkatkan produksi gula nasional. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah melalui menciptkan bibit unggul.

Dalam satu dekade, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan telah melepas sebanyak tujuh varietes bibit unggul (VUB).

Tujuh VUB tersebut adalah PSMLG1 Agribun, PSMLG2 Agribun, AAS Agribun, AMS Agribun, ASA Agribun, CMG Agribun, dan POJ 2878 Agribun Kelinci.

Ads Air Haji

Sampai saat ini, Badan Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Kementan masih terus melakukan penelitian dan pengembangan bibit unggul tebu.

“Program pengembangan tebu adalah mendiskripsi atau merumuskan ideotype varietes unggul tebu yang diarahkan ke lahan-lahan bermasalah seperti lahan kering, salin, dan rawa,” kata peneliti Balittas Kementan, Bambang, dalam keterangannya, pekan ini.

Peneliti Balittas Kementan Subiyakto menambahkan, bahwa kebutuhan gula nasional pada 2019 sebesar 5,8 juta ton, dengan rincian 2,8 juta ton untuk konsumsi rumah tangga dan 3 juta ton untuk industri makanan dan minuman.

“Sementara produksi gula nasional sekitar 2,2 juta ton, sehingga defisit gula konsumsi rumah tangga sekitar 600 ribu ton serta defisit untuk industri makanan dan minuman sebesar 3,6 juta ton,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.