Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Untuk Herbal, Bawang Putih Batang Diekspor ke Taiwan

0 7

BATANG, KABARPANGAN.ID- Komoditas bawang putih asal Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mampu menembus pasar Taiwan. Bawang putih itu akan digunakan untuk herbal oleh Taiwan.

“Ekspor bawang putih ini bukan untuk konsumsi sayuran melainkan untuk herbal, di saat pemerintah pusat mengimpor bawang putih, kita malah mengekspor komoditas jenis sayuran itu ke Taiwan,” ujar Bupati Batang Wihaji, Selasa (29/9).

Wihaji mengapresiasi petani bawang putih karena mampu membudidayakan bawang putih jenis lumbu hijau yang mampu menjadi produk komoditas unggulan.

Ads Air Haji

Saat ini, lanjut dia, petani bawang putih asal Kecamatan Bawang hanya mampu menyediakan 25 ton bawang per tahun dibanding permintaan negara Taiwan sebanyak 1.000 ton per tahun.

“Komoditas ini akan terus kita ekspor sebagai keunggulan petani Kecamatan Bawang khususnya budidaya bawang putih, apalagi kebutuhan ekspor bawang putih ke Taiwan masih banyak,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang Heru Yuwono mengatakan, potensi pengembangan bawang putih seluas 1.000 hektar yang tersebar di Kecamatan Bawang, Blado, dan Reban.

“Program pengembangan bawang putih merupakan program Kementerian pertanian sejak tahun 2018,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.