Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Waduh! Ikan Pari Kekeh dan Pari Kikir Terancam Punah

0 4

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Ikan pari kekeh dan pari kikir terancam punah. Pasalnya, kedua jenis ikan ini masih menjadi sasaran tangkap nelayan di Jawa Tengah.

Akademisi IPB University Dwi Putra Yuwandana mengatakan, ikan pari kekeh dan pari kikir merupakan tangkapan yang bernilai bagi nelayan di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Kota Tegal, Kabupaten Pati, dan Rembang.

“Penangkapan dua biota laut tersebut perlu dipantau karena telah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah,” kata Dwi dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Ads Air Haji

Menurut Dosen IPB University dan anggota FRCI Budy Wiryawan, penangkapan yang berlangsung terus menerus akan menimbulkan degradasi hatibat dan ekosistem di kawasan pesisir.

“Dampaknya akan ada ancaman habitat dan ekosistem di kawasan pesisir laut serta penangkapan ikan yang berlebihan,” ucapnya.

Mengenai permasalahan tersebut, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Kurniawan Priyo Anggoro meminta semua pihak untuk bersinergi dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, sehingga pengelolaan perikanan dapat terus berkelanjutan.

“Dari riset-riset yang telah dilakukan, diharapkan terbangun sinergi yang baik untuk pengelolaan perikanan tangkap yang berkelanjutan di Jawa Tengah,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.