Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi Usulkan Bangun Museum Padi

0 14

SUBANG, KABARPANGAN.ID – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyampaikan selama ini di Indonesia belum ada museum padi. Oleh karenanya, dia mengusulkan perlu dibangunnya museum padi sehingga anak-anak sekolah mengetahui sejarah tentang komoditas padi dari awal sampai saat ini.

“Saya sarankan diadakan museum sejarah dari awal sampai sekarang (BB PADI) dan museum itu sendiri nantinya dijadikan tempat studinya anak-anak sekolah dan menjadi basic pangan nasional harus dipertahankan,” katanya dalam kunjungan kerjanya ke Balai Besar Penelitian Tanaman Padi  (BB Padi), Balitbangtan di Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (11/10).

Dedi juga mengatakan, peran Balitbangtan sangat penting dalam peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia, khsususnya komoditas tanaman padi.

“Kita sering melupakan akar masalah, bahwa seluruh produktivitas padi yang ada di Indonesia, kunci utamanya adalah di Balitbang,” ujarnya.

Ads Air Haji

Sementara Kepala Balitbangtan Fadjri Djufri mengatakan, sejak didirikan Balai Besar Penelitian Padi tahun 1972, khususnya padi telah menghasilkan kurang lebih 318 varietas unggul baru. Bahkan, tiap tahun Balai Besar ini bisa memproduksi kurang lebih 20 hingga 50 varietas unggul baru yang ditanam di seluruh Indonesia.

“Kita berbangga Indonesia punya riset padi, dari tempat inilah dihasilkan seluruh varietas unggul baru padi yang ada di Indonesia. Dari 12 juta hektar luas tanam padi, 94 persen varietas padi yang ditanam hasil Balitbangtan,” ucapnya.

“Jadi memang ini sangat berkontribusi besar terhadap padi/pangan, karena kalau meningkatkan produktivitas tidak ada cara lain kecuali memperbaiki kualitas padi kita,” tambah dia.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara tersebut meliputi meninjau gudang benih Unit Pengelola Benih Sumber, melihat display pertanaman Varietas Unggul Baru padi dan demo alat sebar benih dengan drone di areal Kebun Percobaan Sukamandi dilanjutkan ke lahan mina padi dan berakhir di Saung Agroinovasi untuk melakukan tatap muka dengan para tamu undangan yang hadir. (mh/kp)

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.