Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Waspadai Penyebaran Virus Lewat Hewan dan Tumbuhan

0 15

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan perlu diwaspadai penyebaran virus yang terjadi pada hewan dan tanaman. Karenanya harus dipastikan biosecurity yang kokoh.

Hal itu disampaikan Mentan SYL saat menjalin kerja sama dengan tujuh perguruan tinggi di wilayah timur Indonesia untuk memperkuat sistem perguruan tinggi, melalui daring, pada pekan lalu.

Ketujuh universitas tersebut adalah Universitas Hasanuddin, Universitas Papua, Universitas Cendrawasih, Universitas Gorontalo, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Alhaairat, dan Universitas Tadulako.

Ads Air Haji

“Bioterrorism (pelepasan virus) ancaman yang patut diwaspadai, kemudian biosensing dan biosecurity adalah kebutuhan di berbagai aspek kehidupan. Tumbuhan, hewan dan produknya yang masuk apalagi dengan impor-impor yang ada. Dan memang kehidupan ini penuh dengan dinamika dan timbal balik. Untuk itu biosecurity kita harus aman, kalau tidak, ini berbahaya,” katanya.

Untuk itu, dia meminta Barantan tidak lagi hanya menjaga sumber daya alam hayati dari hama penyakit hewan dan tumbuhan. Kini harus dilakukan terobosan, dan inovasi.

“Inovasi biosensor untuk mendeteksi cepat hama penyakit hewan dan tumbuhan sangat dibutuhkan, karena dengan lalu lintas yang tinggi, pemeriksaan juga harus akurat. Jika tidak maka hama penyakit bisa masuk dan mengancam sumber daya alam hayati kita,” pungkasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.