Portal Berita Online

Yance Maring, Petani Milenial Tanam Cabai Pakai Ponsel

0 12

SIKKA, KABARPANGAN.ID – Yance Maring, petani milenial asal Desa Kloangpopot, Sikka Nusa Tengara Timur (NTT), menyedot perhatian para petani dari daerah lain.

Pasalnya, dalam mengolah lahan pertanian cabainya, ia menggunakan irigasi tetes yang dibukanya melalui ponsel di tangannya.

Alumnus Politeknik Pertanian Negeri Kupang tahun 2015 ini mendapatkan ilmu irigasi tetes ketika belajar di Israel, di Arava International Center of Agriculture Training (AICAT).

“Saya belajar sembilan bulan, setelah itu pulang ke Indonesia, saya mencoba sistem irigasi tetes ini,” katanya, belum lama ini.

Yance menggunakan sistem irigasi tetes sejak Mei 2020. Tanaman holtikultura yang ditanam cabai, tomat, dan semangka. Melalui sistem irigasi tetes ini, bisa menghemat air yang cukup besar, juga bisa menghemat tenaga kerja 50-60 persen.

“Kemudahan lainnya, pupuk bisa langsung dicampurkan dan dilarutkan, sehingga nutrisinya bisa dikontrol,” ungkapnya.

Apa yang dilakukan Yance mendapat dukungan dari Gubernur NTT, Victor Laiskodat. Untuk meningkatkan produktivitas tanaman holtikulura di Kabupaten Sikka, Victor menyiapkan 100 hektar lahan agar bisa dipakai Yance. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.