Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Zona Merah Covid-19, Kementan: Penyembelihan Wajib Dilakukan di RPH

0 16

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau penyembelihan hewan kurban sebisa mungkin tidak dilakukan di wilayah zona merah pandemi Covid-19. Sebagai solusi, bisa dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) terdekat.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementan Syamsul Ma’arif mengatakan, apabila di RPH tidak tertampung, maka panitia kurban bisa mengajukan izin ke pemerintah daerah (pemda) untuk dipantau.

“Pemotongan di RPH itu dipastikan protokol kesehatannya, dan dilakukan satu alat untuk satu orang,” katanya dalam video daring, Selasa (28/7).

Ads Air Haji

Sementara bagi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di masyarakat, wajib menggunakan alat pendung. Setelah itu pastikan mandi, mengganti baju. Kemudian baru melanjutkan distribusi daging kurban kepada penerima dari satu rumah ke rumah yang lain.

Kendati demikian, pihaknya menyadari kapasitas RPH tidak mampu memotong seluruh hewan kurban. Saat ini, RPH milik Kementan di seluruh Indonesia sebanyak 555, sedangkan yang dipotong lebih dari itu.

“Tahun lalu saja ada 1.868.000 ekor sapi, kerbau, kambing, domba. Padahal RPH kami hanya 555. Sehingga tidak bisa semua pemotongan hewan dilakukan di RPH,” ujarnya.

Dengan kondisi demikian, lanjut dia, penyembelihan hewan kurban bisa dilakkan di luar RPH namun harus melaporkan ke pemda setempat atau dinas yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan di seluruh Indonesia. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.